Audit sistem informasi adalah
proses pengumpulan dan penilaian bukti – bukti untuk menentukan apakah sistem
komputer dapat mengamankan aset, memelihara integritas data, dapat mendorong
pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan menggunakan sumberdaya secara
efisien.
Berikut ini adalah beberapa lembaga Audit Sistem
Informasi di Indonesia :
IASII LOGO.jpg |
Ikatan Audit Sistem Informasi Indonesia
(IASII) didirikan pada 20 Mei 2014. Lembaga ini dibentuk oleh beberapa praktisi
dari berbagai universitas dan organisasi lainnya dibidang sistem informasi.
Lembaga ini memiliki tujuan yaitu untuk menghindari penyimpangan dalam
penggunaan sistem informasi yang semakin pesat di Indonesia. IASII bekerja sama
dengan beberapa lembaga lain seperti Ikatan Akuntan Indonesia (IAI),
Information System Audit and Control Association-Chapter Indonesia (ISACA),
Institute of Internal Auditor, Forum Komunikasi Satuan Pengawas Intern.
ISACA.jpg |
ISACA adalah suatu organisasi
profesi internasional di bidang tata kelola teknologi
informasi yang didirikan di Amerika Serikat pada
tahun 1967. Awalnya dikenal dengan nama lengkap Information
Systems Audit and Control Association, saat ini ISACA hanya menggunakan
akronimnya untuk merefleksikan cakupan luasnya di bidang tata
kelola teknologi informasi.
ISACA telah memiliki kurang lebih 70.000 anggota
yang tersebar di 140 negara. Anggota ISACA terdiri dari antara
lain auditor sistem informasi, konsultan, pengajar, profesional
keamanan sistem informasi, pembuat perundangan, CIO, serta auditor
internal. Jaringan ISACA terdiri dari sekitar 170 cabang yang berada di lebih
dari 60 negara, salah satunya ialah di Indonesia. ISACA sendiri telah membuat
standar untuk audit sistem informasi di seluruh dunia.
3. BPK RI
BPK_logo.jpg |
Didirikan tahun 1946 yang bertugas untuk
melakukan audit yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan negara dan tanggung
jawab yang dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga negara
lain seperti Bank Indonesia, BUMN, BUMD, Dewan Pelayanan Publik, dan lembaga
lain yang mengelola keuangan negara. BPK RI menyerahkan hasil audit kepada DPR,
DPD, dan DPRD sesua dengan kewnangan masing-masing.
BPKP.jpg |
BPKP didirikan tahun 2006. BPKP bertugas
mengendalikan keuangan dan pengawasan pembangunan nasional serta meningkatkan
pendapatan negara dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengeluaran
anggaran pemerintah nasional dan regional. Tugas lain BPKP adalah mengevaluasi
penerapan sistem pengendalian internal untuk mendeteksi dan menghalangi
korupsi, serta menginvestigasi penyelewengan keuangan.
LPAI_logo.jpg |
Lembaga Pengembangan Auditor Internal adalah
lembaga yang concern terhadap pengembangan SDM bidang audit internal. Sebagai
salah satu divisi training dari Proesdeem Indonesia lembaga konsultan manajemen
yang sejak 1995 memfokuskan kegiatannya pada pelatihan manajemen — LPÄI
menyelenggarakan pelatihan internal audit dan fraud audit secara lengkap,
terprogram-berkesinambungan, serta kurikulum berkualitas. Pelatihan yang
diselenggarakan oleh LPAI senantiasa dievaluasi dan diupdate — mengacu pada
perkembangan pengetahuan dan praktek bisnis paling mutakhir — dimana
benchmarknya adalah lembaga-lembaga internal audit dan fraud audit yang sudah
dikenal baik reputasinya di dunia.
Selain itu program pelatihan yang diselenggarakan
oleh LPAI didukung oleh tenaga instruktur berpengalaman, baik sebagai
instruktur maupun sebagai auditor ataupun praktisi manajemen lainnya serta
memiliki background pendidikan S2 dan Ph.D. dari dalam dan luar negeri.
Sebagian besar instruktur LPAI adalah praktisi audit yang memiliki sertifikat
keahlian atau profesi seperti CIA, CFE, CISA, dan sebagainya.
DAFTAR PUSTAKA :
0 coment�rios:
Posting Komentar