APA ITU SISTEM CERDAS


Assalamualaikum,

Wadap ma dingah lovah, kembali lagi diblog saya di gelasdingin kali ini saya akan membahas tentang “SISTEM CERDAS” ya betul, pada zaman sekarang Teknologi selalu berkembang menuju suatu kemajuan yang pesat ditiap – tiap negara maju dan berkembang seperti indonesia. Perkembangan teknologi yang pesat baru- baru ini membuat kecerdasan buatan semakin populer. Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kedalam suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Integrasi Artificial. Untuk lebih jelasnya kita simak pembahasan dibawah ini.

·        Apa itu SISTEM CERDAS

Gambar 1.1 Aritificial Intellegence Intro
Saya tidak akan membahas apa itu sistem dan teknologi karena pada pembahasan sebelumnya saya pernah membahas hal itu,saya akan menyinggung sedikit saja tentang Sistem sekelompok komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu, Sistem itu terdiri juga dari berbagai suatu yang di satukan untuk mencapai tujuan tertentu menurut pandangan saya.
Jadi secara simplenya pengertian dari “SISTEM CERDAS” adalah sistem yang dibuat agar dapat berfikir selayaknya manusia dan menerapkan kecerdasan buatan untuk dimasukan kedalam suatu mesin atau komputer sehingga sistem ini seolah-olah mempunyai kehendak sendiri dan mampu berpikir seperti halnya manusia.

Saat ini teknologi Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan sudah memegang peranan penting dalam pengembangan inovasi masa depan. AI dipercaya dapat membantu manusia dalam berbagai macam hal.
AI adalah salah satu teknologi yang dapat mengubah sejarah manusia secara keseluruhan. Terutama tentang otomatisasi dan pengolahan data yang masif.

Program ini sangat mendukung manusia pada era digital dan perkembangan sistem serta alat-alat modern,tetapi AI adalah kecerdasan buatan dari manusia pastinya segala kekurangan pasti akan kita temui karena logika dan kecerdasan seseorang berbeda – beda konsepnya.

Contohnya : Akurasi dan ketepatan pada “SISTEM CERDAS” tidak usah diragukan lagi akan tetapi sistem ini tidak memiliki perasaan selayaknya manusia normal. Karena ia hanya dapat berfikir secara rasional. Ini yang dapat menjadi senjata makan tuan bagi umat manusia.


·        PERKEMBANGAN DARI SISTEM CERDAS

-         Era Computer Electronik (1941)

Pada tahun 1941 ditemukan penyimpanan dan pemprosesan informasi yang disebut komputer electronik

Komputer Generasi 1


-         Masa pembahasan tentang AI (1943-1956)

Tahun 1943, Warren McCulloch dan Walter Pitts berhasil membuat suatu model saraf tiruan di mana setiap neuron digambarkan sebagai ‘on’ dan ‘off’. Mereka menunjukkan bahwa setiap fungsi dapat dihitung dengan suatu jaringan sel saraf dan bahwa semua hubungan logis dapat diimplementasikan dengan struktur jaringan yang sederhana.

Pada tahun 1950, Norbert Wiener membuat penelitian mengenai prinsip-prinsip teori feedback. Contoh terkenal adalah thermostat.

Pada tahun 1956, John McCarthy meyakinkan Minsky, Claude Shannon, dan Nathaniel Rochester untuk membantunya melakukan penelitian dalam bidang automata, jaringan saraf, dan pembelajaran intelijensia. Mereka mengerjakan proyek ini selama 2 bulan di Universitas Dartmouth. Hasilnya adalah program yang mampu berpikir non-numerik dan menyelesaikan masalah pemikiran, yang dinamakan Principia Mathematica. Hal ini menjadikan McCarthy disebut sebagai father of Artificial Intelligence/ Bapak Kecerdasan Buatan.


McCarthy  father of Artificial Intelligence/ Bapak Kecerdasan Buatan.

-         Perkembangan AI Melambat (1966-1974)

Perkembangan AI melambat disebabkan adanya beberapa kesulitan yang di hadapi seperti  Program-program AI yang bermunculan hanya mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung sama sekali pengetahuan pada subjeknya, banyak terjadi kegagalan pada pembuatan program AI, terdapat beberapa batasan pada struktur dasar yang digunakan untuk menghasilkan perilaku inteligentia.

-         Sistem berbasis Pengetahuan

Pada tahun 1960an, Ed Feigenbaum, Bruce Buchanan, dan Joshua Lederberg merintis proyek DENDRAL yaitu program untuk memecahkan masalah struktur molekul dari informasi yang didapatkan dari spectometer massa. Dari segi diagnosa medis juga sudah ada yang menemukan sistem berbasis Ilmu pengetahuan, yaitu Saul Amarel dalam proyek computer ini biomedicine. Proyek ini diawali dari keinginan untuk mendapatkan diagnosa penyakit berdasarkan pengetahuan yang ada pada mekanisme penyebab proses penyakit.

-         AI menjadi suatu Industry

Industralisasi AI diawali dengan ditemukannya sistem pakar yang dinamakan R1 yang mampu mengkonfigurasi sistem-sistem komputer baru. Program tersebut mulai dioperasikan di Digital Equipment Corporation (DEC), McDermott, pada tahun 1982. Pada tahun 1986, program ini telah berhasil menghemat US$ 40 juta per tahun.


LIPS MACHINES


Pada tahun 1988, kelompok AI di DEC menjalankan 40 sistem pakar. Hampir semua perusahaan besar di USA mempunyai divisi Ai sendiri yang menggunakan ataupun mempelajari sistem pakar. Booming industry Ai juga melibatkan perusahaan-perusahaan besar seperti Carnegie Group, Inference, IntelliCorp, dan Technoledge yang menawarkan software tools untuk membangun sistem pakar. Perusahaan hardware seperti LISP Machines Inc., Texas Instruments, Symbolics, dan Xerox juga turut berperan dalam membangun workstation yang dioptimasi untuk pembangunan program LISP. Sehingga, perusahaan yang sejak tahun 1982 hanya menghasilkan beberapa juta US dollar per tahun meningkat menjadi 2 milyar US dollar per tahun pada tahun 1988.

-         Penerapan AI pada kehidupan sehari – hari  

Dalam kehidupan modern ini pasti AI sudah banyak digunakan dikehidupan sehari-hari seperti :

1.     SIRI,ALEXA,CORTANA,OK GOOGLE

Contoh diatas merupakan voice Assistant untuk membantu kita dalam menggunakan desktop mereka. Voice Assistant ini dapat memberikan arahan,mencarikan informasi,menyetelkan lagu, sekalipun dapat membuatkan jadwal penting untuk kita gunakan nanti.

Alexa Amazon

Siri Iphone Voice Assistant
Cortana For Windows Voice Assistant

  







2.  Pengenal Wajah di Facebook

Apabila Facebook anda dihack atau lupa password pasti anda akan mendapatkan suatu survey untuk mengetahui apakah muka-muka yang ditampilkan itu adalah teman anda atau bukan ? jika iya maka anda akan mendapatkan akses untuk login ke account anda kembali

Face Recognition by Facebook


3.     Auto Pilot

perangkat untuk mengontrol atau memandu pesawat terbang, pesawat ruang angkasa, kapal, misil (peluru kendali), atau kendaraan lain tanpa harus terus-menerus membutuhkan campur tangan manusia.Dalam dunia penerbangan, autopilot disebut dengan nama Automatic Flight Control System (AFCS).

Perangkat AFCS adalah bagian dari avionic pesawat terbang, merupakan system elektronik yang digunakan untuk mengontrol sistem kunci dari pesawat dan penerbangan. Selain sistem kontrol penerbangan, avionik juga berfungsi dalam komunikasi elektronik, navigasi, dan untuk mengetahui keadaan cuaca pada lintasan penerbangan. Pada permainan games pada komputer pun merupakan salah satu contoh dari sistem cerdas.

4.     Pembayaran Online

Pembayaran online ini memungkinkan user atau pengguna bertransaksi dalam berbelanja produk-produk yang disediakan oleh pelapak atau seller online yang ada secara online (tanpa tatap muka) Sistem cerdas ini sangat memudahkan seseorang untuk berbelanja secara jarak jauh.

5.     Self Balancing Motorcycle

Suatu perusahaan ternama dijepang yaitu Honda menciptakan inovasi baru yaitu motor yang dapat berdiri tanpa disangga oleh standart ataupun pengemudi motor itu sendiri,bahkan motor ini dapat berjalan untuk menemui rider yang ingin mengemudikan motor tersebut untuk lebih jelasnya simak video berikut 









tanpa kita sadari kegiatan sehari-hari yang kita lakukan merupakan penerapan teknologi system cerdas, contohnya : Bermain Video Game, merupakan hobi yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari dan berfungsi untuk menghibur, game-game yang dibuat di tahun 2016 merupakan game-game yang mempunyai grafik visual yang sangat realistis yang kemudian  di rilis untuk berbagai platform seperti PC, Sony Playstation, Microsoft Xbox, dan lain-lain, dalam bermain video game tersebut para user tidak hanya merasakan sensasi visual di depan layar TV atau monitor, di tahun 2016 ini sudah ditemukannya suatu perangkat yang membawa para user seakan-akan memasuki dunia virtual di dalam game tersebut, yaitu Virtual Reality, dengan perangkat ini user di ajak bagaimana merasakan sensasi visual di dalam dunia virtual secara nyata. 



KESIMPULAN

Karena AI semakin populer. Maka kecerdasan buatan sudah mulai memasuki kehidupan sehari hari. walaupun sebuah sistem cerdas sangat mahal. Tapi ada beberapa perusahaan yang sudah menggunakan sistem kecerdasan buatan ini untuk memudahkan kinerja mereka dan lebih mengefisienkan pekerjaan mereka untuk mendapatkan hasil maximal ditiap-tiap jasa atau produk yang mereka berikan.

Wassalamuaalaikum.


DAFTAR PUSTAKA 




Share on Google Plus

About Gelas Dingin

0 coment�rios: