Program Sederhana Biodata Pada VB

Assalamualaikum Dingers, Kali ini saya akan mencoba membuat program sederhana pada VB, sebelum saya masuk ke pembahasan saya akan mengenalkan pada kalian Apasih VB itu? 

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).
Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputerberbasis grafik dengan cepat.
Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.
Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas.Sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.

Visual Basic 1.0 dikenalkan pada tahun 1991. Konsep pemrograman dengan metode drag-and-drop untuk membuat tampilan aplikasi Visual Basic ini diadaptasi dari prototypegenerator form yang dikembangkan oleh Alan Cooper dan perusahaannya, dengan nama Tripod. Microsoft kemudian mengontrak Cooper dan perusahaannya untuk mengembangkan Tripod menjadi sistem form yang dapat diprogram untuk Windows 3.0, di bawah kode nama Ruby.
Tripod tidak memiliki bahasa pemrograman sama sekali. Ini menyebabkan Microsoft memutuskan untuk mengkombinasikan Ruby dengan bahasa pemrograman Basic untuk membuat Visual Basic.

è Pada kesempatan kali ini saya akan membuat 2 Program Standart
Yaitu ;
1.    Form Borang Untuk Slot Nama, NPM , Dan Kelas
2.    Membuat Kalkulator Sederhana Untuk , Kali,bagi,Tambah,kurang.

Sebelum Anda membuat ini semua,Anda harus menginstall terlebih dahulu Visual Basic 6.0
Program Pertama Form Borang untuk Slot Nama,NPM Dan kelas
Berikut Penjelasan :

è Pertama-Tama kita harus membuat Label pada Field Kosong pada Form “1” dalam VB untuk memasukanTool Label dalam VB kita harus mengclick Ikon yang bergambar “A” Label disini berfungsi untuk menampilkan sebuah text dengan nama tertentu dengan Extension .Caption dan tidak dapat dirubah-rubah lagi ketentuannya.Buat label sebanyak 3 label dan rubah Captionnya menjadi “Nama “, “NPM “ dan “Kelas “.
è Kemudian kita sisipkan Tool Text Box. Text Box disini berperan sebagai tempat untuk memasukan sebuah Kontrol (String data) yang dapat diperbaiki oleh pemakai dapat berupa baris tunggal maupun Multi baris. Text box ini memiliki Extension .Text yang berati merukan field yang berupa input data.setelah anda membuat Text Box Hapus text menjadi (..) Agar ketika kita inputkan data pada Field Text Box akan kosong setelah kita RUNNING nantinya.
è Masukan Kotak Command Button Tool ini merupakan kontrol pada  form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu pemakai melakukan klik padanya. Command Button ini biasanya berupa tempat untuk memasukan Coding Program untuk membuat program berjalan dengan lancar dengan cara Klick 2x pada Command Button. Dan tambahkan Field Label dibawah Command button untuk hasil Output
Layout Program


       Berikut ini adalah Field Form Program Borang “Nama ” , “NPM ” , Dan “Kelas ”


Penjelasan Codingan à
1.      Privite Sub Command_Click() à Maksudnya adalah ketika kita mengclick Command1 maka Program akan langusng berjalan apabila semua kelengkapan sudah terpenuhi dan tidak ada kesalahan penulisan codingan,
2.      Label4.Caption à Output akan dihasilkan diLabel 4 dengan Caption yang sudah tertera dalam Codingan seperti “ Nama saya Adalah ”, “NPM saya ”, “Kelas saya Adalah ”
3.      Text().Text à Maksudnya mensinkronisasi antara Field Nama,NPM,dan Kelas pada Label Agar Codingan dapat berjalan sesuai perintah. Bahwa maksud dari Text1.text adalah Text Box 1 memilki kriteria Basisdata dengan type Extension Text berupa Data String. Dan seterusnya.
4.      &vbNewLine à berfungsi untuk menggabungkan Field antar Label agar terbentuk Output secara bersamaan.
5.      Endsub à berfungsi untuk mengakhiri semua perintah codingan dalam Program ini.


Hasil Output Program


Berikut adalah hasil Output Codingan Program Form Borang Dengan Slot “Nama ”, “NPM ” , dan “Kelas ” setelah diRUNNING, Isikan Nama , NPM , dan kelas sesuai dengan kemauan lalu click Proses apabila ada kesalahan dalam “Command Button” maka hasil Output akan tidak keluar dan jangan lupa teliti dalam mengcoding suatu CommandProsses.


Program 2 Kalkulator sederhana



Layout Program

Penjelasan à

è Pertama Buat Label dengan cara menambahkannya dari Tool Label, buat sebanyak 2 buah. Label disini berfungsi untuk menampilkan sebuah text dengan nama tertentu dengan Extension .Caption. Hapus Caption Label dengan mengclick Properties kemudian lihat ke Kolom Caption lalu ganti “Label 1 à Angka 1. Begitu juga sebaliknya untuk Label 2.
è Kemudian Masukan TextBox dengan cara memilih Tool Text Box disini berperan sebagai tempat untuk memasukan sebuah Kontrol (String data) yang dapat diperbaiki oleh pemakai dapat berupa baris tunggal maupun Multi baris.  Textbox disini memiliki Extension .Text Sehingga pada Field ini kita hanya bisa memasukan sebuah input data yang sesuai dengan kemauan kita. (String) .Jangan Lupa sisipkan Label dibawah TextBox Untuk menampilkan hasil Output dari Angka nanti.Hapus “Text1” à Kosong dengan melihat ke properties dan pilih Text,agar ketika Program dirun Angka di Text itu kosong.

è  Setelah itu buat Command Button sebanyak 5 (Tambah , Kurang , Kali , Bagi ,dan juga untuk Mereset ) Hitungan agar bisa kembali menghitung ulang.Menambahkan Command Button ini dengan cara pilih diTools kemudian cari Command Button.



Code Program

Penjelasan Codingan Program à
è Pada Command 1 disini berfungsi sebagai reset. “Text1.Text = ”” Maksudnya Text1.Text akan direset menjadi kosong untuk diisi angka berikutnya begitu juga Untuk “Text2.Text = ”” Text 2 Akan kosong untuk diisikan angka berikutnya yang ingin diinputkan. Dan juga hasil diLabel3 akan ikut kosong dalam artian Fungsi ”” adalah untuk mereset/ Mengkosong kan data yang sudah diOutputkan
̬ Pada Command 2 disini berfungsi sebagai Penjumlahan Apabila ada Val(Text1.Text) + Val(Text2.Text) artinya ketika ada Value(data) yang diisikan di Textbox 1 dan Text box 2 maka Angka РAngka Tersebut akan diJumlahkan sesuai dengan Penghitungan Aritmatika. + disini berfungsi sebagai Operator
̬ Pada Command 3 Disini berfungsi sebagai Pengurangan Apabila ada Val(Text1.Text) - Val(Text2.Text) artinya ketika ada Value(data) yang diisikan di Textbox 1 dan Text box 2 maka Angka РAngka Tersebut akan dikurangkan sesuai dengan Penghitungan Aritmatika. Рdisini berfungsi sebagai Operator
̬ Pada Command 4 Disini berfungsi sebagai Perkalian Apabila ada Val(Text1.Text) * Val(Text2.Text) artinya ketika ada Value(data) yang diisikan di Textbox 1 dan Text box 2 maka Angka РAngka Tersebut akan diKalikan sesuai dengan Penghitungan Aritmatika. * Disini berfungsi sebagai Operator
̬ Pada Command 5 Disini berfungsi sebagai Pembagian Apabila ada Val(Text1.Text) / Val(Text2.Text) artinya ketika ada Value(data) yang diisikan di Textbox 1 dan Text box 2 maka Angka РAngka Tersebut akan diBagi sesuai dengan Penghitungan Aritmatika. / Disini berfungsi Operator
è EndSub disini untuk mengakhiri setiap Perintah-perintah yang berada ditiap-tiap Command Button / Command dalam memproses Codingan Suatu Program.


OutputProgram

Berikut adalah Hasil dari Output dari Program ketika diRunning Angka-angka yang dimasukan kedalam “Text1.Text dan Text2.Text” bisa diisikan sesuai keinginnan kita lalu hasilnya akan ditampilkan di Label3 ,Apabila ada kesalahan Dan hasil tidak keluar CHECK kembali Codingan anda.dan perhatikan besar kecil huruf serta Symbol” yang ada.


Sekian,Semoga membantu Wassalamualaikum Wr.Wb
Share on Google Plus

About Gelas Dingin

0 coment�rios: