Sistem Operasi Unix


Assalamualaikum,para pembaca setia gelas dingin.Semoga kalian dalam keadaan sehat selalu yaa.
Baik,kali ini saya akan membahas tentang “SISTEM OPRASI UNIX” sebelum itu mari kita pelajari terlebih dahulu apa sih sistem oprasi itu ?


A. PENGERTIAN SISTEM OPERASI

Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras computer (brainware to hardware).
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software.selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. SistemOperasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain

B. PENGERTIAN SISTEM OPERASI UNIX

UNIX OPERATION SYSTEM

sebagai sistem operasi yang kuat di jaringan komputer dari pada sistem operasi untuk computer personal.

UNIX dirancang untuk portable, multi-tasking, dan multi-user. Konsep utama Unix antara lain banyak menggunakan file teks biasa untuk menyimpan data, menggunakan sistem file berjenjang, memperlakukan perangkat sebagai suatu file, dan menggunakan banyak program kecil yang eksekusinya pada CLI dapat digabung dengan tanda pipeline (|). Konsep yang sangat solid dan stabil membuat Unix banyak dijadikan dasar sistem operasi modern.

Sistem UNIX terdiri dari beberapa komponen yang biasanya dipaket bersama. UNIX adalah nama system operasi yang dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin. Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.


C. Unix pada saat ini

Sistem operasi UNIX, yang dikembangkan di Bell Laboratories (punya AT&T) pertama kali muncul ke dunia tahun 1970. Saat sistem operasi seperti Windows dan Mac OS cenderung menekankan fitur-fitur untuk membantu pengguna pemula, sistem operasi UNIX ini menakankan fitur yang membantu programmer dan pengguna ahli. Sebagai contoh, UNIX menawarkan sebuah fitur yang disebut sebagai “pipe“, yakni sebuah mekanisme untuk menjadikan keluaran sebuah program sebagai masukan bagi program lainnya. Bila program A mampu melakukan koreksi terhadap dokumen dengan menggunakan fungsi spell-checking, dan program B mampu memformat dokumen ke dalam format 3-kolom, sementara program C mampu mencetak dokumen, maka kita bisa

meneruskan dokumen melalui program A ke B, dan dari B ke C untuk melakukan tiga operasi tersebut secara langsung dalam satu perintah saja. Meski sistem operasi UNIX adalah sistem operasi yang tua, sistem operasi ini memiliki semua fitur yang dimiliki oleh sistem operasi modern seperti preemptive multitasking, virtual memory dan lain-lain, dan bahkan definisi sistem operasi modern diturunkan dari sistem operasi UNIX ini. Salah satu kekuatan dari UNIX adalah karena UNIX menawarkan kesederhanaan dan juga portabilitas yang memungkinkan sistem operasi UNIX dapat dimodifikasi untuk digunakan dalam komputer lainnya sesuai kebutuhan.


UNIX sendiri tidak membutuhkan sistem antarmuka grafik, mengingat sistem ini merupakan sistem operasi yang murni berbasis teks. Namun begitu, kita bisa menggunakan antarmuka grafis yang disebut dengan X-Window, yang bisa berjalan di atas UNIX. Meski UNIX dan X-Window adalah dua hal yang berbeda, dan X-Window juga dapat dijalankan pada sistem operasi selain UNIX, X-Window merupakan antarmuka standar di UNIX.


Perkembangan sistem operasi UNIX melibatkan banyak fragmentasi yang terjadi, dan bahkan muncul istilah “Unix Wars” yang merujuk pada peperangan yang terjadi antar sistem operasi UNIX itu sendiri, dengan perbedaan fitur dan kemampuan. Meski demikian, sistem-sistem UNIX tetaplah bersumber pada satu akar, yakni buatan Bell Laboratories. Tidak seperti Windows yang hanya memiliki dua varian, varian UNIX memang cukup banyak. Namun, gelar untuk varian UNIX paling populer disabet oleh sistem operasi Linux yang merupakan sistem operasi berbasis UNIX dengan kode sumber terbuka (open source).

UNIX menawarkan lebih banyak kontrol terhadap hal-hal tingkat rendah, dan dengan demikian populer untuk para ahli dan programmer. Pengguna rumahan mungkin akan relatif lama memahami bagaimana cara menggunakan sistem operasi UNIX ini, dan lagipula banyak program aplikasi yang tidak ada di atas sistem operasi UNIX, sehingga adopsi UNIX di kancah komputasi pribadi sangatlah terbatas. Meski demikian,
pangsa pasar penggunaannya di dalam komputer server dan mainframe adalah sangat tinggi sekali.

·        Jenis – Jenis UNIX

Tabel 2.1 Versi-Versi UNIX

Nama UNIX
Vendor/Organisasi Pengembang


A/UX
Apple Computer


Domain/X
Apple Computer


Darwin
Apple Computer


CTIX
Convergent Technology



  

Convergent Technology


UniCOX
Cray Research


DG/UX
Data General Corporation


Digital Unix
Digital Equipment Corporation (DEC)


Ultrix
Digital Equipment Corporation (DEC)


CLIX
Fairchild Company


HP/UX
Hewlett-Packard


Tru64
Compaq (sekarang bagian dari Hewlett-Packard)


AIX
International Business Machine (IBM) Corporation


Coherent
Mark William Company


XENIX
Microsoft Corporation (lalu dijual ke SCO)


DVIX
Northern Telecom


UnixWare
Novell Incorporated


SCO UNIX
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation


SCO XENIX
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation


Sco OpenServer
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation


Dynix
Sequent


SINIX
Siemens Corporation/Nixdorf


IRIX
Silicon Graphics Incorporated (SGI)


SunOS
Stanford Universities Network (SUN)


Solaris
Sun Microsystems Incorporated


OpenSolaris
Sun Microsystems Incorporated


Illumos
Illumos.org


Eunice
The Wollongong Group


Uniplus+
Unisoft Corporation


BSD UNIX
Universitas California, Berkeley AS


BSD/I
BSDI (Berkeley Software Design Incorporated)


OSF/I
Open Software Foundation


GNU/Linux
Free Software Foundation


GNU/Hurd
Free Software Foundation


FreeBSD




 

NetBSD



OpenBSD



NextStep



Minix
Universitas Terbuka Amsterdam, Dutch


Mach
Universitas Carnegie Mellon AS


Unix Sistem V
Lucent Technologies (Bell Labs)


QNX
QNX Software Systems



D. Ciri – Ciri Sistem Operasi Unix

1. Portabilitas

Sistem Unix mudah diadaptasikan ke sistem komputer yang lain. Sifat portabilitas ini membawa Unix dapat dipakai dengan mudah dipakai pada berbagai jenis komputer. Kini Unix telah menyebar pada berbagai jenis sistem, dari Notebook, Personal Computer (PC), hingga Mainframe perusahaan. Komputer besar seperti IBM Sun Micro System juga mengeluarkan komputer yang berbasis Unix.


Untuk para pemakai, hal ini sangat menguntungkan, sebab portabilitas berarti ketidak bergantungan pada suatu perangkat keras, pemakai tidak perlu terpaku pada satu vendor saja untuk beralih dari sistem Unix ke sistem Unix lainnya. Dapat dilakukan dengan mudah, hal ini tidak hanya terbatas pada sistemnya saja, melainkan juga pada aplikasinya.


Program aplikasi yang berjalan pada suatu sistem Unix, dapat dipindahkan ke sistem Unix lainnya dengan cara mentransfer program dan kemudian melakukan kompilasi lagi pada sistem Unix yang baru. Bahkan beberapa aplikasi kompatibel dalam bentuk objek sehingga tidak diperlukan proses kompilasi.


2. Multi User

Multi user berarti sejumlah orang (pemakai) dapat menggunakan sistem secara bersamaan dari berbagai sumber. Unix mendukung keperluan seperti ini, yaitu keuntungan dengan adanya Multi User :

A. Penghematan perangkat keras, sebab perangkat keras dapat dipakai oleh orang banyak.

B. Data dapat diakses oleh orang banyak secara serentak.

Ini berarti tidak ada penduplikasian data, selain itu konsistensi data lebih terjamin.

3. Multi Tasking

Seorang pemakai dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dari sebuah terminal. Pekerjaan-pekerjaan yang tidak memerlukan interaksi dari pemakai. Bisa dilaksanakan dilatar belakang, sehingga pemrosesan ini memungkinkan saat suatu pekerjaan sedang dilaksanakan oleh sistem, pemakai dapat melakukan tugas-tugas lain.



4. Shell Unix
Shell Unix menjadi jembatan antara pemakai dan sistem. Ia bertindak sebagai penerjemah perintah yang sangat bermanfaat bagi pemakai kemampuan, shell unix mencakup dua hal, yaitu :


A. Modus Interaktif.

Pada modus interaktif, pemakai dapat memberikan perintah dan kemampuan shell akan mengerjakan perintah yang diberikan. Hal ini dapat diulang-ulang, karena begitu shell telah selesai menajalankan perintah, shell akan menunggu pemakai memberikan perintah kembali.


B. Modus Pemrograman

Pada modus pemrograman, pemakai dapat menyusun suatu program dengan sejumlah perintah yang biasa disebut Skrip Shell. Selanjutnya, shell akan mengerjakan perintah-perintah tersebut secara berurutan. Hal seperti ini sangat bermanfaat untuk menangani pekerjaan yang bersifat rutin. Pada modus ini, pemakai dapat membuat sebuah prototype, suatu kegiatan tanpa harus menggunakan bahasa pemrograman seperti C. Baik pada mode interaktif maupun pemrograman, pemakai dapat dengan mudah mengarahkan keluaran perintah yang normalnya kelayar menjadi ke suatu berkas. Bahkan pemakai dapat juga mengatur agar hasil suatu perintah menjadi masukan bagi perintah yang lain.

5. Utilitas

Sistem Operasi Unix atas sejumlah program yang antara lain berupa berupa utilitas-utilitas yang tersedia pada Unix mempunyai tugas yang bermacam-macam, antara lain berhubungan dengan :

- Manajemen Berkas

- Penyuntingan Berkas

- Pendukung Komunikasi

- Pendukung Pengembangan Perangkat Lunak.

Dengan mengkombinasikan utilitas, pemakai dapat membuat program baru untuk melaksanakan tugas seperti yang diharapkan, hal ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.


6. Sistem Berkas Hierarkies
Memungkinkan pemakai dapat mengorganisasikan informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan mudah untuk mengaksesnya informasi-informasi yang dapat diatur.

-         Kekurangan dan Kelebihan Sistem Operasi UNIX :


A. Kekurangan Sistem Operasi Unix

- Tampilan kurang menarik

- Membutuhkan memori yang cukup besar

- Masih belum banyaknya game-game besar yang bersedia dijalankan pada platform ini.

- Beberapa hardware sulit untuk menyediakan driver untuk Linux.

- Sulit digunakan untuk pengguna awam

- Membingungkan karena berbeda dengan windows.

- Format file yang terlalu sedikit

- Banyak software yang tidak compatible dengan linux.

- Penggunaannya yang kurang familiar.

- Tidak bersifat free.

- Harga sistem operasi komersial yang mahal.


B. Kelebihan Sistem Operasi Unix

- Sistem multiuser : sejumlah pemakai dapat menggunakan sistem secara bersamaan.

- Sistem multitasking : kemampuan sistem operasi yang memungkinkan seseorang dapat melaksanakan tugas pada saat bersamaan.

- Sistem portable : sistem Unix mudah diadaptasikan ke sistem komputer yang lain


- Kesimpulan

Sistem operasi adalah aplikasi dasar yang dilatakan pada computer untuk mengontrol dan mengatur paerangkat perangkat keras computer sehingga bisa di kendalikan oleh aplikasi berjalan dalam system operasi.

Sistem operasi UNIX merupakan system operasi yang disusun oleh Ken Thompson yang merupakan realisasi dari proyek MULTICS.sistem operasi UNIX brsifat multi tasking dan multiuser.

Kelemahan dari system operasi UNIX yaitu memerlukan kapasitas yang besar, tidak bersifat free, display kurang menarik. Dari kelemahan ini UNIX juga memiliki kelebihan seperti keamanan kuat dan programnya hampir stabil.

Sekian Materi yang dapat saya sampaikan semoga berkenan ,dan bermanfaat untuk kita semua Terima Kasih. 







Share on Google Plus

About Gelas Dingin

1 coment�rios:

Gelas Dingin mengatakan...

hehe makasih ya