Hello lagi
sahabat Dinggers, ya kali ini saya akan membahas tentang, 
Apasih SWOT
itu ? SWOT itu kepanjangan dari apa ? disini saya akan membahasnya menurut
versi dari GELASDINGIN. 
SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Seperti namanya, Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats) dalam suatu proyek, baik proyek yang sedang berlangsung maupun dalam perencanann proyek baru. Analisis SWOT bukan hanya dapat digunakan dalam bisnis, tetapi juga dapat digunakan pada pribadi kita sendiri dalam pengembangan karir. 
 
5. Contoh Analisis SWOT 
1.    
Pengertian dan contoh Analisis SWOT 
![]()  | 
| Pict1_SWOT.Jpg | 
SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Seperti namanya, Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats) dalam suatu proyek, baik proyek yang sedang berlangsung maupun dalam perencanann proyek baru. Analisis SWOT bukan hanya dapat digunakan dalam bisnis, tetapi juga dapat digunakan pada pribadi kita sendiri dalam pengembangan karir.
Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960-an dalam memimpin proyek riset di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.Analisis SWOT merupakan suatu bentuk analisis yang digunakan oleh manajemen perusahaan atau organisasi yang sistematis dan dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi tersebut. Baik tujuan tersebut untuk tujuan jangkan panjang maupun tujuan jangka pendek. Selain itu, analisis SWOT juga dapat diartikan sebagai sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran) tentang sebuah perusahan atau oraganisasi. Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai sebagai faktor yang di jadikan masukan. Dan kemudian masukan tersebut dikelompokkan sesuai kontribusinya masing-masing.
Satu hal yang perlu diperhatikan bagi
pangguna analisa ini, bahwa analisa SWOT semata-mata hanya digunakan sebagai
suatu analisa saja, yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang
dihadapi sebuah perusahaan atau oraganisasi. Analisis SWOT bukan sebuah alat
yang mampu memberikan jalan keluar dari  permasalahan yang sedang
dihadapi.
2.   
4 Komponen Dasar Analisis SWOT 
Analisis SWOT dibagi atas 4 komponen dasar : 
- Strength (Kekuatan) atau
     disingkat dengan “S”, yaitu karakteristik organisasi ataupun proyek yang
     memberikan kelebihan / keuntungan dibandingkan dengan yang lainnya.
 - Weakness (Kelemahan) atau
     disingkat dengan “W”, yaitu karakteristik yang berkaitan dengan kelemahan
     pada organisasi ataupun proyek dibandingkan dengan yang lainnya.
 - Opportunities (Peluang) atau
     disingkat dengan “O”, yaitu Peluang yang dapat dimanfaatkan bagi
     organisasi ataupun proyek untuk dapat berkembang di kemudian hari.
 - Threats (Ancaman) atau
     disingkat dengan “T”, yaitu Ancaman yang akan dihadapi oleh organisasi
     ataupun proyek yang dapat menghambat  perkembangannya.
 
Dari keempat komponen dasar tersebut, Strength (kekuatan) dan Weakness (Kelemahan) adalah faktor internal
organisasi/proyek itu sendiri, sedangkan Oppoturnities (Peluang)
dan Threats (Ancaman) merupakan faktor eksternal yang
mempengaruhi perkembangan organisasi ataupun proyek. Oleh karena itu, Analisis
SWOT juga sering disebut dengan Analisis Internal-Eksternal (Internal-External
Analisis) dan Matriks SWOT juga sering dikenal dengan Matrix IE (IE Matrix).
3.    Cara Menggunakan
Analisis SWOT
Untuk melakukan Analisis
SWOT, kita perlu membuat beberapa pertanyaan dan menjawabnya sendiri seperti
contoh-contoh berikut ini :
Strength (Kekuatan)
- Kelebihan apa yang dimiliki oleh organsiasi ?
 - Apa yang membuat organisasi lebih baik dari organisasi
     lainnya?
 - Keunikan apa yang dimiliki oleh organisasi ?
 - Apa yang menyebabkan kita mendapatkan penjualan ?
 - Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita
     sebagai suatu kelebihan ?
 
Weakness (Kelemahan)
- Apa
     yang dapat ditingkatkan dalam organisasi ?
 - Apa
     yang harus dihindari oleh organisasi ?
 - Faktorapa
     yang menyebabkan kehilangan penjualan ?
 - Apa
     yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelemahan
     organisasi kita ?
 - Apa
     yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari
     organisasi kita ?
 
Opportunities (Peluang)
- Kesempatan
     apa yang dapat kita lihat ?
 - Perkembangan tren apa yang sejalan dengan organisasi kita ?
 
Threats (Ancaman)
- Hambatan
     apa yang kita hadapi sekarang ?
 - Apa
     yang dilakukan oleh pesaing organisasi ?
 - Perkembangan
     Teknologiapa yang menyebabkan ancaman bagi organisasi ?
 - Adakah
     perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan organisasi
     ?
 
4.   
Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT
Faktor-faktor
yang mempengaruhi keempat komponen dasar Analisis SWOT diantaranya adalah :
![]()  | 
| Kuadran Faktor Analisis SWOT | 
Faktor
Internal (Strength dan Weakness)
- Sumber daya yang dimiliki
 - Keuangan atau Finansial
 - Kelebihan atau kelemahan
     internal organisasi
 - Pengalaman-pengalaman organisasi
     sebelumnya (baik yang berhasil maupun yang gagal)
 
Faktor
Eksternal (Opportunities dan Threats)
- Tren
 - Budaya, Sosial Politik,
     Ideologi, perekonomian
 - Sumber-sumber permodalan
 - Peraturan Pemerintah
 - Perkembangan Teknologi
 - Peristiwa-peristiwa yang
     terjadi
 - Lingkungan
 
5. Contoh Analisis SWOT
Berikut
ini adalah contoh sederhana dalam melakukanAnalisis SWOT dalam suatu
mengevaluasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman suatu perusahaan.
Strength (Kekuatan)
- Kami dapat merespon dengan
     cepat setiap permintaan pelanggan tanpa harus melalui birokrasi yang
     panjang.
 - Kami memiliki biaya overhead
     yang rendah, sehingga dapat memberikan tawaran harga yang paling baik bagi
     pelanggan kami.
 - Kami sangat memperhatikan
     setiap permintaan dan kebutuhan pelanggan.
 - Kami sangat fleksibel dalam
     menangani setiap kasus dan permintaan pelanggan.
 - Kami memiliki reputasi yang
     baik pada market yang tekuni.
 
Weakness (Kelemahan)
- Staff kami masih memiliki
     kemampuan yang rendah dibidang-bidang tertentu.
 - Perusahaan kami memiliki keterbatasan
     dalam permodalan.
 - Cash flow kadang-kadang tidak
     lancar.
 - Lokasi kantor yang letaknya di
     tempat yang kurang strategis.
 
Opportunities (Peluang)
- Sektor yang kami tekun ini
     sedang mengalami kenaikan
 - Pemerintah sangat mendukung
     perusahaan lokal seperti kami
 
Threats (Ancaman)
- Perkembangan Teknologi yang
     cepat di market ini yang berada di luar kemampuan kami akan menyebabkan
     kami terlambat dalam mengadopsinya.
 - Perubahan strategi pesaing
     dapat mengancam posisi kami di market.
 - Kurangnya minat perbankan dalam
     membiayai pendanaan untuk industri yang kami tekuni saat ini.
 
-        
Kesimpulan : 
Apabila
digunakan dengan baik dan  benar, maka analisis ini akan
dapat digunakan untuk membantu melihat sisi-sisi yang terabaikankan atau tidak
terlihat dari sebuah perusahaan atau organisasi. Dari uraian diatas tadi,
analisis SWOT adalah instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis
strategi dalam manajemen perusahaan atau organisasi . Analisis ini berperan
sebagai alat untuk meminimalisir kelemahan atau kekurangan yang terdapat dalam
suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak dari ancaman yang timbul
dan harus dihadapi.
Sekian penjelasan
tentang materi dari analisis SWOT menurut GELASDINGIN semoga bermanfaat bagi
para dinggers semua,sekian dan terimakasih, Wassalamualaikum Wr,Wb
DAFTAR PUSTAKA :
1. Wikipedia


0 coment�rios:
Posting Komentar