Assalamualaikum,
Wadap ma dingah lovah, kembali lagi diblog saya di gelasdingin kali ini
saya akan membahas tentang “SISTEM CERDAS”
ya betul, pada zaman sekarang Teknologi selalu berkembang menuju suatu kemajuan
yang pesat ditiap – tiap negara maju dan berkembang seperti indonesia. Perkembangan
teknologi yang pesat baru- baru ini membuat kecerdasan buatan semakin populer.
Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kedalam suatu sistem yang
bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Integrasi Artificial. Untuk lebih jelasnya
kita simak pembahasan dibawah ini.
·
Apa itu SISTEM CERDAS
Gambar 1.1 Aritificial Intellegence Intro |
Saya tidak akan membahas apa itu sistem dan teknologi karena pada
pembahasan sebelumnya saya pernah membahas hal itu,saya akan menyinggung
sedikit saja tentang Sistem sekelompok
komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan
tertentu, Sistem itu terdiri juga dari
berbagai suatu yang di satukan untuk mencapai tujuan tertentu menurut pandangan
saya.
Jadi secara simplenya pengertian
dari “SISTEM CERDAS” adalah sistem
yang dibuat agar dapat berfikir selayaknya manusia dan menerapkan kecerdasan
buatan untuk dimasukan kedalam suatu mesin atau komputer sehingga
sistem ini seolah-olah mempunyai kehendak sendiri dan mampu berpikir seperti
halnya manusia.
Saat
ini teknologi Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan sudah
memegang peranan penting dalam pengembangan inovasi masa depan. AI dipercaya
dapat membantu manusia dalam berbagai macam hal.
AI
adalah salah satu teknologi yang dapat mengubah sejarah manusia secara
keseluruhan. Terutama tentang otomatisasi dan pengolahan data yang masif.
Program ini sangat mendukung manusia
pada era digital dan perkembangan sistem serta alat-alat modern,tetapi AI adalah
kecerdasan buatan dari manusia pastinya segala kekurangan pasti akan kita temui
karena logika dan kecerdasan seseorang berbeda – beda konsepnya.
Contohnya : Akurasi dan ketepatan
pada “SISTEM CERDAS” tidak usah
diragukan lagi akan tetapi sistem ini tidak memiliki perasaan selayaknya
manusia normal. Karena ia hanya dapat berfikir secara rasional. Ini yang dapat
menjadi senjata makan tuan bagi umat manusia.
·
PERKEMBANGAN DARI SISTEM CERDAS
-
Era Computer Electronik (1941)
Pada tahun 1941 ditemukan penyimpanan dan pemprosesan
informasi yang disebut komputer
electronik
Komputer Generasi 1 |
-
Masa pembahasan tentang AI (1943-1956)
Tahun
1943, Warren McCulloch dan Walter Pitts berhasil membuat
suatu model saraf tiruan di mana setiap neuron digambarkan sebagai ‘on’ dan
‘off’. Mereka menunjukkan bahwa setiap fungsi dapat dihitung dengan suatu
jaringan sel saraf dan bahwa semua hubungan logis dapat diimplementasikan
dengan struktur jaringan yang sederhana.
Pada tahun 1950, Norbert Wiener membuat penelitian mengenai prinsip-prinsip teori feedback. Contoh terkenal adalah thermostat.
Pada tahun 1956, John McCarthy meyakinkan Minsky, Claude Shannon, dan Nathaniel Rochester untuk membantunya melakukan penelitian dalam bidang automata, jaringan saraf, dan pembelajaran intelijensia. Mereka mengerjakan proyek ini selama 2 bulan di Universitas Dartmouth. Hasilnya adalah program yang mampu berpikir non-numerik dan menyelesaikan masalah pemikiran, yang dinamakan Principia Mathematica. Hal ini menjadikan McCarthy disebut sebagai father of Artificial Intelligence/ Bapak Kecerdasan Buatan.
McCarthy father of Artificial Intelligence/ Bapak Kecerdasan Buatan. |
-
Perkembangan AI Melambat (1966-1974)
Perkembangan AI melambat disebabkan adanya beberapa
kesulitan yang di hadapi seperti Program-program AI yang bermunculan
hanya mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung sama sekali pengetahuan
pada subjeknya, banyak terjadi kegagalan pada pembuatan program AI,
terdapat beberapa batasan pada struktur dasar yang digunakan untuk
menghasilkan perilaku inteligentia.
-
Sistem berbasis Pengetahuan
Pada tahun 1960an, Ed Feigenbaum, Bruce Buchanan, dan
Joshua Lederberg merintis proyek DENDRAL yaitu program untuk memecahkan masalah
struktur molekul dari informasi yang didapatkan dari spectometer massa. Dari
segi diagnosa medis juga sudah ada yang menemukan sistem berbasis Ilmu
pengetahuan, yaitu Saul Amarel dalam proyek computer ini biomedicine. Proyek
ini diawali dari keinginan untuk mendapatkan diagnosa penyakit berdasarkan
pengetahuan yang ada pada mekanisme penyebab proses penyakit.
-
AI menjadi suatu Industry
Industralisasi AI diawali dengan ditemukannya sistem
pakar yang dinamakan R1 yang mampu mengkonfigurasi sistem-sistem komputer baru.
Program tersebut mulai dioperasikan di Digital Equipment Corporation (DEC),
McDermott, pada tahun 1982. Pada tahun
1986, program ini telah berhasil menghemat US$ 40 juta per tahun.
LIPS MACHINES |
Pada tahun 1988, kelompok AI di DEC menjalankan 40 sistem pakar. Hampir semua perusahaan besar di USA mempunyai divisi Ai sendiri yang menggunakan ataupun mempelajari sistem pakar. Booming industry Ai juga melibatkan perusahaan-perusahaan besar seperti Carnegie Group, Inference, IntelliCorp, dan Technoledge yang menawarkan software tools untuk membangun sistem pakar. Perusahaan hardware seperti LISP Machines Inc., Texas Instruments, Symbolics, dan Xerox juga turut berperan dalam membangun workstation yang dioptimasi untuk pembangunan program LISP. Sehingga, perusahaan yang sejak tahun 1982 hanya menghasilkan beberapa juta US dollar per tahun meningkat menjadi 2 milyar US dollar per tahun pada tahun 1988.
-
Penerapan AI pada kehidupan sehari – hari
Dalam kehidupan modern ini pasti AI sudah banyak digunakan
dikehidupan sehari-hari seperti :
1.
SIRI,ALEXA,CORTANA,OK
GOOGLE
Contoh diatas merupakan voice Assistant untuk membantu
kita dalam menggunakan desktop mereka. Voice Assistant ini dapat memberikan
arahan,mencarikan informasi,menyetelkan lagu, sekalipun dapat membuatkan jadwal
penting untuk kita gunakan nanti.
Alexa Amazon |
Siri Iphone Voice Assistant |
2. Pengenal Wajah di Facebook
Apabila Facebook anda dihack atau lupa password pasti
anda akan mendapatkan suatu survey untuk mengetahui apakah muka-muka yang
ditampilkan itu adalah teman anda atau bukan ? jika iya maka anda akan
mendapatkan akses untuk login ke account anda kembali
Face Recognition by Facebook |
3.
Auto Pilot
perangkat untuk mengontrol atau memandu pesawat terbang, pesawat ruang
angkasa, kapal, misil (peluru kendali), atau kendaraan lain tanpa harus
terus-menerus membutuhkan campur tangan manusia.Dalam dunia penerbangan,
autopilot disebut dengan nama Automatic Flight Control System (AFCS).
Perangkat AFCS adalah bagian dari avionic pesawat terbang, merupakan
system elektronik yang digunakan untuk mengontrol sistem kunci dari pesawat dan
penerbangan. Selain sistem kontrol penerbangan, avionik juga berfungsi dalam
komunikasi elektronik, navigasi, dan untuk mengetahui keadaan cuaca pada
lintasan penerbangan. Pada permainan games pada komputer pun merupakan salah
satu contoh dari sistem cerdas.
4.
Pembayaran Online
Pembayaran online ini memungkinkan user atau pengguna
bertransaksi dalam berbelanja produk-produk yang disediakan oleh pelapak atau
seller online yang ada secara online (tanpa tatap muka) Sistem cerdas ini sangat
memudahkan seseorang untuk berbelanja secara jarak jauh.
5.
Self Balancing
Motorcycle
Suatu perusahaan ternama dijepang yaitu Honda menciptakan inovasi baru yaitu
motor yang dapat berdiri tanpa disangga oleh standart ataupun pengemudi motor
itu sendiri,bahkan motor ini dapat berjalan untuk menemui rider yang ingin
mengemudikan motor tersebut untuk lebih jelasnya simak video berikut
tanpa kita sadari kegiatan sehari-hari yang kita
lakukan merupakan penerapan teknologi system cerdas, contohnya : Bermain Video
Game, merupakan hobi yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari dan
berfungsi untuk menghibur, game-game yang dibuat di tahun 2016 merupakan
game-game yang mempunyai grafik visual yang sangat realistis yang
kemudian di rilis untuk berbagai platform seperti PC, Sony Playstation,
Microsoft Xbox, dan lain-lain, dalam bermain video game tersebut para user
tidak hanya merasakan sensasi visual di depan layar TV atau monitor, di tahun
2016 ini sudah ditemukannya suatu perangkat yang membawa para user seakan-akan
memasuki dunia virtual di dalam game tersebut, yaitu Virtual Reality, dengan
perangkat ini user di ajak bagaimana merasakan sensasi visual di dalam dunia
virtual secara nyata.
KESIMPULAN
Karena AI semakin populer. Maka kecerdasan buatan sudah
mulai memasuki kehidupan sehari hari. walaupun sebuah sistem cerdas sangat
mahal. Tapi ada beberapa perusahaan yang sudah menggunakan sistem kecerdasan
buatan ini untuk memudahkan kinerja mereka dan lebih
mengefisienkan pekerjaan mereka untuk mendapatkan hasil maximal ditiap-tiap jasa
atau produk yang mereka berikan.
Wassalamuaalaikum.
2. baraaindo
0 coment�rios:
Posting Komentar