Hello lagi
sahabat Dinggers, ya kali ini saya akan membahas tentang,
Apasih SWOT
itu ? SWOT itu kepanjangan dari apa ? disini saya akan membahasnya menurut
versi dari GELASDINGIN.
SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Seperti namanya, Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats) dalam suatu proyek, baik proyek yang sedang berlangsung maupun dalam perencanann proyek baru. Analisis SWOT bukan hanya dapat digunakan dalam bisnis, tetapi juga dapat digunakan pada pribadi kita sendiri dalam pengembangan karir.
5. Contoh Analisis SWOT
1.
Pengertian dan contoh Analisis SWOT
Pict1_SWOT.Jpg |
SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Seperti namanya, Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats) dalam suatu proyek, baik proyek yang sedang berlangsung maupun dalam perencanann proyek baru. Analisis SWOT bukan hanya dapat digunakan dalam bisnis, tetapi juga dapat digunakan pada pribadi kita sendiri dalam pengembangan karir.
Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960-an dalam memimpin proyek riset di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.Analisis SWOT merupakan suatu bentuk analisis yang digunakan oleh manajemen perusahaan atau organisasi yang sistematis dan dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi tersebut. Baik tujuan tersebut untuk tujuan jangkan panjang maupun tujuan jangka pendek. Selain itu, analisis SWOT juga dapat diartikan sebagai sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran) tentang sebuah perusahan atau oraganisasi. Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai sebagai faktor yang di jadikan masukan. Dan kemudian masukan tersebut dikelompokkan sesuai kontribusinya masing-masing.
Satu hal yang perlu diperhatikan bagi
pangguna analisa ini, bahwa analisa SWOT semata-mata hanya digunakan sebagai
suatu analisa saja, yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang
dihadapi sebuah perusahaan atau oraganisasi. Analisis SWOT bukan sebuah alat
yang mampu memberikan jalan keluar dari permasalahan yang sedang
dihadapi.
2.
4 Komponen Dasar Analisis SWOT
Analisis SWOT dibagi atas 4 komponen dasar :
- Strength (Kekuatan) atau
disingkat dengan “S”, yaitu karakteristik organisasi ataupun proyek yang
memberikan kelebihan / keuntungan dibandingkan dengan yang lainnya.
- Weakness (Kelemahan) atau
disingkat dengan “W”, yaitu karakteristik yang berkaitan dengan kelemahan
pada organisasi ataupun proyek dibandingkan dengan yang lainnya.
- Opportunities (Peluang) atau
disingkat dengan “O”, yaitu Peluang yang dapat dimanfaatkan bagi
organisasi ataupun proyek untuk dapat berkembang di kemudian hari.
- Threats (Ancaman) atau
disingkat dengan “T”, yaitu Ancaman yang akan dihadapi oleh organisasi
ataupun proyek yang dapat menghambat perkembangannya.
Dari keempat komponen dasar tersebut, Strength (kekuatan) dan Weakness (Kelemahan) adalah faktor internal
organisasi/proyek itu sendiri, sedangkan Oppoturnities (Peluang)
dan Threats (Ancaman) merupakan faktor eksternal yang
mempengaruhi perkembangan organisasi ataupun proyek. Oleh karena itu, Analisis
SWOT juga sering disebut dengan Analisis Internal-Eksternal (Internal-External
Analisis) dan Matriks SWOT juga sering dikenal dengan Matrix IE (IE Matrix).
3. Cara Menggunakan
Analisis SWOT
Untuk melakukan Analisis
SWOT, kita perlu membuat beberapa pertanyaan dan menjawabnya sendiri seperti
contoh-contoh berikut ini :
Strength (Kekuatan)
- Kelebihan apa yang dimiliki oleh organsiasi ?
- Apa yang membuat organisasi lebih baik dari organisasi
lainnya?
- Keunikan apa yang dimiliki oleh organisasi ?
- Apa yang menyebabkan kita mendapatkan penjualan ?
- Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita
sebagai suatu kelebihan ?
Weakness (Kelemahan)
- Apa
yang dapat ditingkatkan dalam organisasi ?
- Apa
yang harus dihindari oleh organisasi ?
- Faktorapa
yang menyebabkan kehilangan penjualan ?
- Apa
yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelemahan
organisasi kita ?
- Apa
yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari
organisasi kita ?
Opportunities (Peluang)
- Kesempatan
apa yang dapat kita lihat ?
- Perkembangan tren apa yang sejalan dengan organisasi kita ?
Threats (Ancaman)
- Hambatan
apa yang kita hadapi sekarang ?
- Apa
yang dilakukan oleh pesaing organisasi ?
- Perkembangan
Teknologiapa yang menyebabkan ancaman bagi organisasi ?
- Adakah
perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan organisasi
?
4.
Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT
Faktor-faktor
yang mempengaruhi keempat komponen dasar Analisis SWOT diantaranya adalah :
Kuadran Faktor Analisis SWOT |
Faktor
Internal (Strength dan Weakness)
- Sumber daya yang dimiliki
- Keuangan atau Finansial
- Kelebihan atau kelemahan
internal organisasi
- Pengalaman-pengalaman organisasi
sebelumnya (baik yang berhasil maupun yang gagal)
Faktor
Eksternal (Opportunities dan Threats)
- Tren
- Budaya, Sosial Politik,
Ideologi, perekonomian
- Sumber-sumber permodalan
- Peraturan Pemerintah
- Perkembangan Teknologi
- Peristiwa-peristiwa yang
terjadi
- Lingkungan
5. Contoh Analisis SWOT
Berikut
ini adalah contoh sederhana dalam melakukanAnalisis SWOT dalam suatu
mengevaluasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman suatu perusahaan.
Strength (Kekuatan)
- Kami dapat merespon dengan
cepat setiap permintaan pelanggan tanpa harus melalui birokrasi yang
panjang.
- Kami memiliki biaya overhead
yang rendah, sehingga dapat memberikan tawaran harga yang paling baik bagi
pelanggan kami.
- Kami sangat memperhatikan
setiap permintaan dan kebutuhan pelanggan.
- Kami sangat fleksibel dalam
menangani setiap kasus dan permintaan pelanggan.
- Kami memiliki reputasi yang
baik pada market yang tekuni.
Weakness (Kelemahan)
- Staff kami masih memiliki
kemampuan yang rendah dibidang-bidang tertentu.
- Perusahaan kami memiliki keterbatasan
dalam permodalan.
- Cash flow kadang-kadang tidak
lancar.
- Lokasi kantor yang letaknya di
tempat yang kurang strategis.
Opportunities (Peluang)
- Sektor yang kami tekun ini
sedang mengalami kenaikan
- Pemerintah sangat mendukung
perusahaan lokal seperti kami
Threats (Ancaman)
- Perkembangan Teknologi yang
cepat di market ini yang berada di luar kemampuan kami akan menyebabkan
kami terlambat dalam mengadopsinya.
- Perubahan strategi pesaing
dapat mengancam posisi kami di market.
- Kurangnya minat perbankan dalam
membiayai pendanaan untuk industri yang kami tekuni saat ini.
-
Kesimpulan :
Apabila
digunakan dengan baik dan benar, maka analisis ini akan
dapat digunakan untuk membantu melihat sisi-sisi yang terabaikankan atau tidak
terlihat dari sebuah perusahaan atau organisasi. Dari uraian diatas tadi,
analisis SWOT adalah instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis
strategi dalam manajemen perusahaan atau organisasi . Analisis ini berperan
sebagai alat untuk meminimalisir kelemahan atau kekurangan yang terdapat dalam
suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak dari ancaman yang timbul
dan harus dihadapi.
Sekian penjelasan
tentang materi dari analisis SWOT menurut GELASDINGIN semoga bermanfaat bagi
para dinggers semua,sekian dan terimakasih, Wassalamualaikum Wr,Wb
DAFTAR PUSTAKA :
1. Wikipedia
0 coment�rios:
Posting Komentar